Membangun Rumah
Sumber: pinterest.com
Apakah kamu berniat untuk membangun rumah baru? Jika iya, lebih baik kamu mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membangun rumahmu. Sebab, untuk membangun rumah tentunya perlu memastikan kualitas bahan bangunan yang bagus dan tepat untuk membuat rumah yang kokoh dan indah. Ya, walaupun budget yang kamu miliki relatif pas-pasan, kamu juga tetap bisa melakukan pembangunan dengan cara bertahap. 

Biasanya bahan-bahan bangunan bukan hanya dari bahan alami saja namun ada juga bahan bangunan alami yang sedikit mendapatkan campuran tangan pabrik, misalnya kaca dan kayu. Nah, kalau bahan bangunan pabrik lainnya seperti pipa dan semen kebanyakan diolah di dalam pabrik. 

Buat kamu yang berencana membangun rumah sendiri ada baiknya mengetahui bahan-bahan bangunan yang diperlukan untuk rumahmu. Selain itu, hal ini juga bisa menambahkan wawasan kamu untuk mengetahui bahan bangunan yang mana yang cocok untuk rumah impianmu. 

1. Batu Bata merah

Batu Bata merah
Sumber: pinterest.com

Bahan pertama yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah adalah batu bata merah. Bahan bangunan ini merupakan bahan bangunan yang umum digunakan untuk menyusun dinding. Batu bata ini sendiri dibuat dari tanah liat yang dibakar hingga terlihat berwarna kemerah-merahan. 

Selain itu, batu bara ini pun memiliki banyak jenis yang dapat dijumpai. Kualitas yang dimiliki batu bata ini juga bisa dibilang sangat kokoh, tak heran jika banyak orang yang menggunakan batu bata untuk membangun rumahnya. 

2. Kayu

Sumber: pinterest.com
Kayu diproduksi menjadi bahan bangunan yang berasal dari pohon ataupun dari tumbuh-tumbuhan yang berserat. Kayu sendiri memiliki berat yang bisa disesuaikan dengan mudah dan juga tetap kuat meski kayu dibengkokkan. Bahkan kayu akan semakin kokoh ketika di padat kan secara vertikal. 

Kayu ini pada umumnya digunakan sebagai bahan bangunan yang digunakan untuk menopang atap.  Biasanya, para pekerja bangunan lebih memilih menggunakan gergaji mesin untuk memotong kayu karena dapat mempermudah dan mempercepat proses pembangunan. 

3. Pipa
 
Pipa
Sumber: pinterest.com

Bahan bangunan ini juga memiliki peran penting ketika membuat sebuah bangunan. Pipa pada umumnya digunakan untuk menghubungkan saluran air dan saluran pembuangan, seperti kamar mandi. Pipa sendiri dibuat dari bahan-bahan yang tahan terhadap suhu tinggi maupun rendah, sehingga pipa dapat mengalirkan air dengan lebih baik. 

4. Semen

Semen
Sumber: pinterest.com


Bahan yang satu ini juga termasuk bahan bangunan yang paling penting. Sebab, jika tidak ada semen, maka bangunan lainnya seperti batu bata dan batako tidak akan bisa menyatu satu sama lain. Semen sendiri merupakan bahan bangunan yang paling vital dalam pembuatan pondasi yang sangat kokoh. 

5. Pasir

Pasir
Sumber: pinterest.com

Bahan bangunan yang satu ini biasanya digunakan sebagai bahan yang dicampur dengan  semen. Pilihlah pasir yang berkualitas baik, biasanya pasir yang berkualitas baik memiliki lumpur yang  hanya sedikit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya kandungan lumpur dari  semen yang  bisa menghambat persatuan  antara semen, air dan pasir.

6. Genteng

Genteng
Sumber: pinterest.com

Genteng ini berguna untuk melengkapi bagian atap rumahmu. Genteng memiliki banyak pilihan seperti genteng yang terbuat dari tanah liat dan beton yang bisa membuat rumah menjadi lebih sejuk  di siang hari.

Selain itu, genteng yang terbuat dari bahan metal serta, memiliki berat yang lebih ringan ketimbang genteng berbahan beton Dengan beratnya yang  ringan ini dapat mengurangi penggunaan kayu sebagai kerangkanya.

Nah, untuk melengkapi  rumah kamu menjadi lebih terang di siang hari tanpa lampu, kamu juga bisa membeli beberapa genteng yang terbuat dari bahan kaca ini. Tak hanya itu, genteng kaca ini pun bisa mencegah terjadinya kelembaban dan berjamurnya dinding rumahmu.  

7. Baja

Baja
Sumber: pinterest.com
Baja merupakan salah satu bahan bangunan yang bisa membuat rumah jadi kokoh dan kuat. Bagian rumah yang menggunakan baja adalah bagian sloof pada bagian atas pondasi, lalu kolom penguat dinding dan juga di bagian ring balok pada bagian atas dinding. Hal tersebut berguna untuk mengunci kolom bagian atas dan  berguna agar dapat memperkuat dinding pada bagian dalam atap.

8. Kerikil

Kerikil
Sumber: pinterest.com
Kerikil  biasa digunakan untuk membuat beton yang dicampur dengan campuran pasir dan semen. Untuk memilih kerikil yang bagus, jangan sampai kamu memilih kerikil yang apung dan enteng.

Pilihlah kerikil yang sangat baik seperti kerikil yang berat dan keras. Bahkan kerikil yang berasal dari banyak pecahan batu-batu besar juga termasuk kerikil yang berkualitas bagus lho. 

Nah, itulah tadi beberapa bahan bangunan yang perlu kamu ketahui untuk membuat rumah impian mu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!