Manfaat Minyak Wijen

Minyak wijen biasa digunakan pada masakan cina, berbagai jenis mi, serta sejumlah sayur untuk menambah rasa. Tanaman wijen yang menjadi sumber utama dalam membuat minyak ini banyak ditemui di Afrika dan sejumlah daerah Asia.

Selain karena rasanya yang lezat, minyak ini menjadi populer karena manfaat sehat yang dimilikinya. Banyaknya manfaat ini muncul karena kandungan vitamin E dan K yang tinggi dari minyak wijen.

Dua antioksidan bermanfaat, seasamol dan sesaminol bisa ditemukan dari biji wijen ini. Kandungan ini bisa mencegah inflamasi dan radikal bebas yang mungkin menyebabkan banyak masalah.

Sejumlah manfaat yang bisa muncul dari konsumsi minyak wijen ini tidak bisa kamu kesampingkan. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi minyak wijen.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi sejumlah minyak wijen dapat membantumu mencegah masalah kardiovaskular. Pasalnya, lemak tak jenuh yang dimiliki oleh minyak ini bisa menurunkan tingkat kolesterol.

Menjaga Gula Darah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak wijen bisa membantu seseorang yang mengalami atau berpotensi diabetes. Minyak ini membantu menjaga secara konsisten tingkat glukosa plasma pada pasien diabetes hipertensif.

Merawat Kulit

Minyak wijen mengandung zinc, mineral penting untuk mencegah penuaan dini. Sebuah penelitian yang dilakukan pada California State University mengungkap bahwa aplikasi topikal dari minyak wijen bisa membentuk lapisan pelindung dari sinar UV terhadap kulit. Minyak wijen juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit jamur kulit.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Tembaga dan kalsium merupakan dua mineral yang penting bagi pertumbuhan tulang dan terkandung pada minyak wijen. Minyak ini membantu orang tua terhindar dari osteoporosis dan menurunkan peluang masalah tulang.

Mengatasi Radang Sendi

Artritis atau radang sendi merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa dihindari dari konsumsi minyak wijen. Stres oksidatif dari radang sendi dan sejumlah masalah lain diketahui bisa menurun karena mengonsumsi minyak wijen.

Menjaga Kesehatan Gigi

Minyak wijen diketahui bisa membantu memutihkan gigi dan mencegah terbentuknya plak gigi karena kandungan antibakteria di dalamnya. Minyak wijen ini juga dapat membunuh bakteri di mulut sehingga bisa mencegah munculnya bau mulut tak sedap dan mencegah terbentuknya karang gigi.

Sejumlah manfaat ini bisa kamu peroleh dari konsumsi minyak wijen. Konsumsi makanan ini secara rutin untuk mendapat manfaat sehatnya.